Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Pendidik dan Penulis
syakieb. Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 29 Desember 2012

PURE IT! Teknologi Terbaharu - Mudahkan Akses Sumber Air Bersih


Air adalah sumber kehidupan. Tanpanya kita tidak akan bisa hidup di dunia ini. Sebagian besar, wilayah di permukaan Indonesia-pun didominasi oleh perairan, yaitu luasnya sekitar 3,1 juta meter persegi dan sisanya adalah luas daratan sekitar 1,9 juta meter persegi. Hal ini menyebabkan Indonesia menduduki peringkat ke-lima di dunia dalam ketersediaan air per kapita. Namun ironisnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akses sumber air bersih bagi kehidupannya. Air bersih adalah air yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari dan kualitasnya memenuhi persyaratan kesehatan air bersih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat diminum (dikonsumsi) apabila dimasak. Adapun syarat-syarat air yang dapat dikatakan bersih dan baik dalam berbagai aspek, diantaranya:
  1. Syarat fisik:
    a. Air harus bersih dan tidak keruh
    b. Tidak berwarna apapun
    c. Tidak berasa apapun
    d. Tidak berbau apaun
    e. Suhu antara 10-25 C (sejuk)
    f. Tidak meninggalkan endapan
2. Syarat kimiawi:
a. Tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun
b. Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan
c. Cukup yodium
d. pH air antara 6,5 – 9,2
3. Syarat mikrobiologi:
Tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, kolera, dan bakteri patogen penyebab penyakit.

Meledaknya jumlah penduduk dengan tidak diimbangi keahlian Sumber Daya Manusia-pun sangat mempengaruhi pemanfaatan Sumber Daya Air yang telah tersedia, khususnya di Indonesia. Diperkirakan sekitar 15–35% per kapita, Indonesia akan mengalami kerusakan potensi ketersediaan air per tahunnya. Data statistik WHO (World Healt Organization) menjelaskan bahwa setiap harinya terdapat 6.000 anak di dunia meninggal akibat kekurangan sumber air bersih. Karena tidak adanya akses sumber air bersih, mereka terpaksa makan, minum dan mencuci dari air kotor yang menyebabkan mereka dijangkiti penyakit-penyakit kulit maupun pencernaan.

United States Agency for International Developmen (USAID) dalam laporannya (2007), menyebutkan, penelitian di berbagai kota di Indonesia menunjukkan hampir seratus persen sumber air minum di Indonesia tercemar oleh bakteri E Coli dan Coliform. Faktanya, WHO menetapkan jumlah minimun air bersih yang harus tersedia untuk hidup sehat adalah 2000 m3 per orang per tahun. Namun, lagi-lagi Indonesia mendapati peringkat terendah dalam Millennium Development Goals (MDGs) perihal pengelolaan sumber daya air.

Air di bumi ini ternyata didominasi oleh air laut, sisanya yaitu dua persen air tawar dan sepersen air yang layak untuk dikonsumsi. World Water Assesment Programme (WWAP), bentukan United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco) melangsir pada tahun 2025 sebanyak 1,8 miliar orang akan berada pada wilayah langka air.

Sehingga upaya-upaya dalam mencegah krisis air yang bisa dilakukan oleh Pemerintah dan masyarakat, diantaranya:
  1. Penghutanan kembali hutan yang gundul
  2. Pengalokasikan anggaran untuk membangun waduk penampungan hujan (bendungan)
  3. Memperluas daerah tangkapan hujan
  4. Konservasi air dan lahan
  5. Kesadaran masyarakat dalam melestarikan lingkungan, seperti tidak membuang sampah di sungai
Dan berbagai cara seseorang untuk melindungi keluarganya perihal akses sumber air bersih di Indonesia, yaitu:
  1. Memasak air tanah atau air pam. Biasanya cara ini dilakukan oleh orang pedesaan. Namun cara ini sangat tidak efisien. Selain menghabiskan waktu dan tenaga, secara tidak langsung cara ini juga terbilang cukup mahal dengan biaya kompor gas-nya. Belum lagi jika Anda terlebih dahulu mengendapkan air tanah untuk kemudian dimasak dengan tujuan kuman akan hilang. Namun, cara itu tidak praktis di zaman modern ini. Banyaknya aktivitas industri menyebabkan limbah bahan kimia seperti logam berat dan pestisida tetap terkandung dalam minuman bersih kita. Belum tentu juga hasil masakan air tanah kita menyegarkan! Banyak dari mereka yang mengaku rasanya kurang enak, masih berbau, dan faktanya masih mengandung kotoran.
  2. Mengisi ulang air galon yang kosong. Cara ini juga cukup tidak efesien. Kita tidak tahu sumber air bersih tersebut diperoleh dari mana dan bagaimana proses kebersihannya. Kita juga akan kebingungan jika suatu waktu air tersebut kehabisan. Dan tidak efisiennya, kita akan bolak-balik membeli air galon isi ulang dengan kebutuhan hidup yang semakin hari semakin tinggi. Cara ini biasa dilakukan oleh masyarakat kelas menengah ke atas.
  3. Membeli air galon bermerk. Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang hidup kota. Namun, yakinkah Anda jika air galon bermerk setelah keluar dari pabriknya, mendapati tangan-tangan kotor atau penuh kuman sebelum Anda gunakan untuk minum. Banyak galon yang kotor dan tergores, yang kita belum tahu benarkah cara pembersihan semua kuman-kuman tersebut, agar air konsumsi yang mahal dapat memberikan perlindungan bagi keluarga kita. Selain harganya yang mahal, air galon bermerk ini sebenarnya cukup mengkhawatirkan, di saat tak terduga air tersebut akan mengalami keterlambatan pasokan.
  4. PURE IT. Teknologi canggih terbaru jenis pemurni air yang menjamin perlindungan menyeluruh dari segala kuman yang tak terlihat sekalipun penyebab penyakit-penyakit diare, kolera atau gatal-gatal. Cara ini terbilang sangat praktis dan efisien, tidak perlu gas ataupun listrik, cukup hanya dengan menuangkan air PAM atau tanah ke dalam alat canggih ini untuk dimurnikan. Cara yang semacam ini sangat ampuh dalam memudahkan akses air bersih di Indonesia. solusi yang terbaik baik kita semua. Sebuah produk kembangan Unilever yang membuat kita tidak perlu mengkhawatirkan akses sumber air bersih jika suatu hari adanya keterlambatan pasokan air bersih.

    Pure It Praktis

PURE IT memiliki empat tahap pemurnian air tanah atau PAM yang disebut dengan teknologi pembunuh kuman yang berfungsi untuk menghilangkan partikel kholrin, virus serta bakteri. Alat ini menawarkan harga yang cukup terjangkau dengan kualitas air yang dihasilkan tidak berbau dan terasa alami kesegarannya.

Tahapan PURE IT
CARA KERJA PURE IT

Setelah menuangkan air pam atau tanah yang belum dimasak dari atas melalui bejana, air akan melalui 4 tahapan dalam penjernian atau pemurnian air, yaitu sbb:








  1. Air mengalir melalui saringan serat mikro yang menghilangkan semua kotoran yg terlihat
    1. serat mikro

  2. Melalui filter karbon aktif yang menghilangkan semua parasit dan pestisida berbahaya

    2. karbon

  3. Prosesor pembunuh kuman yang teknologi pembunuh kuman terprogram yang membunuh semua bakteri dan virus berbahaya.
    3. prosesor pembunuh kuman

  4. Penjernih yang tidak berbau dengan rasa alami.
    Setelah air dimurnikan kemudian air secara otomatis akan terisi pada wadah transparan yang dapat dilihat oleh mata. Kapasitas secara keseluruhan PURE IT hanya dapat digunakan untuk memurnikan air sebanyak 1500 Liter atau sama dengan 80 galon. Sedangkan kapasitas sehari-hari PURE IT yaitu pada wadah atas dapat bervolmekan 9 Liter dan pada wadah transparan juga mencapai volume 9 Liter pula. Usai memurnikan air yang bertahan hingga sekitar 6-8 bulan (1500 L), komponen yang berada dalam kotak berbingkai hijau, biru dan oren – pun perlu penggantian komponen baru secara bersamaan, agar kita dapat mengkonsumsi air yang bersih. Komponen tersebutpun sudah tersedia dalam satu paket perangkat pembunuh kuman atau biasa disebut Germkill Kit (GKK). Anda cukup menghubungi suara kosumen PURE IT setelah mengetahui indikator-indikator alat tidak bekerja secara maksimal.
    komponen Pure It yang harus diganti

    Berikut indikator yang menunjukkan komponen harus diganti!

    Indikator PURE IT
  1. Jika indikator menunjukkan warna putih, maka PURE IT bekerja maksimal dan Anda mendapat perlindungan air yang aman.
  2. Jika indikator menunjukkan warna setengah putih dan setengah merah, maka sudah saatnya Anda membeli paket perangkat pembunuh kuman yang baru. Namun, sebenarnya PURE IT tetap bekerja dalam melindungi Anda.
Jika indikator menunjukkan warna merah, maka komponen tersebut sudah harus diganti dengan perangkat pembunuh kuman yang baru Anda beli. Jika Anda tidak menggantinya, maka secara otomatis alat akan berhenti bekerja dengan sendirinya atau PURE IT tidak akan mengeluarkan air pemurni yang aman untuk dikonsumsi.


Jadi, PURE IT benar-benar sangat terjamin keamanannya. Tiap tetes airnya adalah perlindungan menyeluruh bagi keluarga Anda. Hal ini dapat dibuktikan dari tahapan-tahapan proses pemurnian air yang membunuh kuman yang tak terlihat. Selain itu, PURE IT memenuhi kriteria pembunuhan kuman dari lembaga pengaturan terketat di Amerika Serikat (Environmental Protection Agency). Dokter terkemuka di dunia-pun juga mempercayai produk PURE IT yang dikembangkan oleh UNILEVER, perusahaan terkemuka di dunia yang memproduksi Pepsodent, Blue Band, Sunsilk, dan Lifbouy. Produk ini sangat unik dan menarik serta manfaat yang besar bagi kehidupan masa depan. Diharapkan dengan munculnya produk PURE IT ini, UNILEVER dapat membantu Indonesia dalam mengatasi masalah kelangkaan air di wilayah yang penuh dengan sumber daya alam laut yang sungguh melimpah ini. Ayo pesan segera di rumah Anda! PURE IT! Bergaransi satu tahun! Cukup menelpon suara konsumen Unilever, maka seorang teknisi akan hadir ke rumah untuk memasang alat canggih masa kini tersebut. Perawatannyapun tidak rewel, cara membersihkannya cukup mudah apalagi dengan dilengkapi komponen plastik yang sudah teruji aman bagi kesehatan jika digunakan selama bertahun-tahun. 

Benar-benar sangat menguntungkan menggunakan produk PURE IT dari UNILEVER ini. Coba kita hitung-hitung, dengan memori sebelumnya mengenai cara-cara melindungi keluarga dengan air bersih melalui segi penghematan pengeluaran keluarga:

  • Dengan menggunakan PURE IT, Water Purification yang bertahan hingga 6-8 bulan pasti sangat praktis ketimbang cara-cara yang lain. Kita hanya mengganti GKK (Germkill Kit) setelah PURE IT sudah digunakan untuk 1500 Liter. Harga satu paket perangkat pembunuh kuman sebesar Rp150.000,00 yang jika diasumsikan per-liternya cukup dengan membayar Rp100,00. Namun jika kita bandingkan dengan membeli GALON BERMERK yang volumenya hanya 19 Liter dengan akumulasi harga Rp10.000,00 per-galonnya, maka asumsi per-liternya Rp.526,00 . Sedangkan pada GALON ISI ULANG yang per-19 Liternya berharga Rp3500,00, maka dapat kita asumsikan Rp184,00 per-Liternya. Dan jika MEMASAK AIR TANAH kita akumulasikan dengan gas 3 kg yang berharga Rp12.000,00 selama dua minggu bisa menghasilkan 112 liter, maka bisa didapat asumsi sebesar Rp107,00Jika dianalisa kembali, kita bisa temukan penghematan yang luar biasa jika kita menggunakan fasilitas PURE IT yang sudah disediakan oleh UNILEVER. Berikut kesimpulan penghematan dari penggunaan PURE IT :
  • GALON BERMERK  hemat 5 kali lipat
  • GALON ISI ULANG hemat 2 kali lipat
  • MEMASAK AIR TANAH hemat waktu dan tenaga

    Jika dalam satu minggu menggunakan dua galon yang bervolumekan 38 Liter, maka dapat disimpulkan penghematan jika memakai PURE IT selama satu tahun:
  • GALON BERMERK  = 2 galon X 10.000,00 X 52 minggu (38 liter X 52 minggu  Rp 100,00) = (1.040.000,00 197.600,00) = Rp 843.000,00
  • GALON ISI ULANG = 2 galon X 3.500,00 X 52  minggu (38 liter X 52 minggu  Rp 100,00) = (364.000,00 197.600,00) = Rp 166.400,00
  • MEMASAK AIR TANAH = 52/2 X 12.000,00 (112 liter X 26  minggu X Rp 100,00) = (312.000 ,00 291.200,00) = Rp 20.800,00
Setelah kita hitung bersama, benar-benar LUAR BIASA kan pakai PURE IT? Sangat menguntungkan! Pas di kantong - nyaman di celengan! :D Ayo buka mata kita semua! Mulai dari mata hati, mata fisik, dan mata pikiran! Rubah gaya hidup sehat kita semua melalui Perlindungan Menyeluruh dari Kuman yang tak Terlihat, PURE IT. Untuk kesehatan diri sendiri, untuk orang lain, untuk orang yang ada di sekitar kit dan untuk keluarga kita sendiri serta bangsa kita, INDONESIA... Mari lestarikan sumber Air untuk Air sehat yang layak konsumsi! 


Pesan segera melalui SUARA KONSUMEN PURE IT! Tersedia PURE IT dalam dua warna cantik yang menggoda, yaitu MERAH MARUNdan PUTIH BIRU.

Burgundy


Royal Blue
Tulisan Blog ini saya persembahkan untuk Kontes blog  Unilever Pureit dan BLOGdetik dalam upaya melestarikan Sumber Air sebagai sumber minum bagi makhluk Ciptaan-Nya. Serta berbagi informasi tentang kebaikan teknologi canggih mengenai kemudahan memperoleh air bersih layak konsumsi yang sudah dikembangkan oleh UNILEVER. - ^_^ - Terimakasih....

SUMBER:

http://ip52-213.cbn.net.id/read/opiniKT/2012/09/06/1921/Mengatasi-Krisis-Air
http://lombablogpureit.blogdetik.com/tentang-pureit/
Partnership, Sustaining. 2012. Ironi Air di Indonesia. hlm. 4-6: Jakarta


4 komentar:

  1. postingannya udah bagus-bagus nih, cuma kalo boleh saran mending ganti templatenya, terus nanti edit-edit HTMLnya, biar keliatan lebih menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu masalahnya mbak....-_-
      sudah berkali-kali saya edit, tapi tetep kaya gini -_- Jadi males :3
      Ajari dong mbak Viny.. *_*

      Hapus
  2. Terima kasih Kak.... Ada juga website lain saya caiasyik.blogspot.co.id
    Terima kasih

    BalasHapus

 

Blog Archive

Blogroll

About