Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Pendidik dan Penulis
syakieb. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 20 Desember 2012

Sebuah Ide untuk Seorang Bayi


Saya akan berbagi cerita kepada Anda sekalian, khususnya Mbak Armita dan Mas Pupung yang sedang ngadain kontes menulis terkait nama bayi. Saya harap, nantinya nama saya atau ide nama bayi saya memang “PAS” untuk bayi Mbak dan Mas. Meski saya belum Mamas Papas, tapi saya suka anak kecil! Mereka moe-moe (imut-imut), nomu kyowo (sangat lucu), gemas, luph-luph... :D

Saya lahir tepat di bulan yang meriah-penuh kobaran semangat bangsa! Pas-nya pada tanggal 20 Agustus 1995. Mepet dikit ya, sama yang namanya sweet seventeen :D (Hahaha). Tapi aku seneng bisa dilahirin di bumi pertiwi ini tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) RI. Itu sebabnya aku diberi nama Siti yang artinya tanah/bumi pertiwi.

Dahulunya kata orang tua, banyak banget orang yang kasih ide untuk namaku. Mulai dari Ibu, Bapak, Nenek dari Ibu, Nenek dari Bapak, bahkan Kakek dari Bapak juga. Namun, yang paling getot ya Ibu, Bapak, dan Nenek dari Ibu karena kami memang hidup di atap yang sama. Nenek memberikan ide namanya untukku “Uswatun Hasanah” yang artinya suri tauladan yang baik. Sedang, orang tuaku bertanya, “Dipanggil siapa, Mak?”. “Tun isok! Hasanah yo isok!”, jawab Mbahku. Namun orang tuaku mencoba memfilter kembali, sudah banyak di desa yang bernama seperti itu, panggilannyapun seperti itu. Bapakku yang dari kota sebelah menolak, Beliau ingin yang spesial. Berbeda itu istimewa. Akhirnya, setiap orang menyumbang idenya untuk sebuah nama bayi yang baru lahir. Lahir dengan tiba-tiba, hanya ditemani dukun beranak, sebab saat itu dokter/bidan desa sedang melayani pasien yang lain. -__- .

Ibuku mencetuskan kata “Siti”. Dan Mbah memutuskan “Hasanah”. Sedang Bapak yang masih bingung untuk sebuah namaku. Untuk pulang-pergi dari Krian-Sby selalu melewati Gunung Sari. Nah, disitu kan ada bangunan serta taman gede yang namanya Yani Golf. Beliau terinspirasi dari kata itu. Dan akhirnya, Beliau memutuskan untuk memodifnya menjadi kata “Haryani” yang diambil dari bahasa Arab. Sehingga jadilah aku dan namaku yang indah, hasil mufakat dan sumbangan kata dari orang-orang dunia yang sangat menyayangiku. Berikut asal namaku beserta artinya dengan pemodifikasian tulisan Bapak menurut ESD (Ejaan Sebelum Disempurnakan) :D


SITI HARYANI CHASANA

Siti (Sansekerta): Tanah/bumi, identik dengan wanita
Haryani (Jawa) : Berbingkai kemuliaan
Chasana (Arab) : Kebaikan, perbuatan/perkataan yang baik

Seorang wanita yang berhati mulia layaknya tanah karena kebaikannya, baik kata maupun tindakan.

Hati yang seperti tanah maksudnya seperti sifat tanah, yang selalu ada dibawah dan diinjak-injak, tak pernah dihargai. Namun, dibalik itu semua tanah adalah tempat berdirinya pohon, tempat berdirinya bangunan yang kokoh serta tempat berpijak makhluk-Nya. Sedang mereka tak pernah berpikir sejauh itu manfaat tanah/bumi, tanah tak pernah dipuji bahkan disanjung-sanjung karena keadaan yang mentakdirkannya berada di posisi bawah. Seperti seorang ibu/wanita (dari kata tanah/bumi pertiwi) yang selalu mengabdi untuk suaminya dan selalu berkorban untuk anak-anaknya.

Di dalam benak, tersimpan sebuah idenama yang indah, cantik dan menarik untuk bayi Mbak Armita dan Mas Pupung kelak. Biar ada inspirasi jika harus menyumbang kata per orang. :D . Berikut idenama saya beserta filosofinya!

PLAHBRISAM ERLANGGA


Plahbrisam (Arab): Si tampan yang beruntung
Dari kata Aflah (tampan/yang lembut), dan Abrisam (sukses/beruntung)
Erlangga(Indonesia): Anak yang baik

Seorang anak laki-laki yang tampan dan beruntung karena jendela matanya (pengetahuan) yang luas serta budi pekertinya yang baik.

Babys Nomu Kyowo

Nama inisialnya jadi A.P.E.
AP didapat dari inisial nama orangtua sendiri yaitu Armita dan Pupung
E-nya tetap (Erlangga) yaitu anak baik


Pengertian laki-laki yang beruntung itu berasal dari orang tuanya. Orang tua menantikan kelahiran anak di dunia ini dengan cara berbagi kebahagiaan, memperkenalkan bayinya pada seluruh orang di muka bumi ini. Mereka membuat event kontes menulis sebagai wadah bagi penulis-penulis untuk menuangkan inspirasinya. Sudah dipastikan anak ini lahir ke dunia akan selalu beruntung, anak dalam kandungan ibu saja sudah famous, bagaimana kalau ia tumbuh di luar kandungan Ibunya? Luar biasa famous! :D. Dan sudah dipastikan setiap kata adalah do'a. Anak yang baik membuatnya bertindak layaknya anak baik, baik dalam perbuatan maupun perkataan.

Sekian, Mamas dan Papas untuk ide nama kreatif saya, “BEAUTIFUL NAME FOR SMART BABY by Armita Fibriyanti” . Mudah-mudahan dapat memberikan inspirasi, ide, kreatifitas, dan inovasi dalam mengolah dan mencampurkan bumbu-bumbu nama yang pas dan enak didengar telinga serta sebagai do'a yang mujarab untuk kebiasaan sehari-hari anak dalm berprilaku bagus. ;) *yan

1 komentar:

 

Blog Archive

Blogroll

About